CARA MEMBUAT DATABASE DAN QUERY RELASI MENGGUNAKAN MS.ACCESS

23.15 Unknown 1 Comments

Annyeong haseyo...
Bertemu lagi d blog saya dan sekarang saya akan mebahas tentang membuat Database dan Query di Ms.Access

Berikut adalah cara membuat database sederhana dengan Microsoft Acces 2007: 
1. Buka Microsoft Access (2007) ->  Pilih Blank database -> isi nama database -> create


Seperti tampak di bawah ini lebih jelasnya , disini saya meberi nama uswatun di database lalu create


2. Setelah klik Create maka akan muncul seperti di bawah ini



3. Untuk membuat tabel baru dalam database , pada tabel1 anda bisa seperti di bawah ini .
disini saya membuat tabel1 dengan nama Tb_Karyawan lalu klik OK


4. Langkah berikutnya adalah mengcreate tabel dengan mode design view . Untuk mengatur pembuatan field untuk tabel yang kita buat lalu setelah diisi lalu save design view dari Tb_Karyawan  




5. Setelah anda mengatur primary key pada tabel tersebut dan mengisikan design view di Tb_Kayawan  lalu klik kanan di Tb_Karyawan lalu OPEN


6.  Isi data pada tabel tersebut seperti di bawah ini


Disini saya membuat 4 tabel yaitu : Tb_Karyawan , Tb_Jabatan , Tb_Pekerjaan dan Tb_divisi . 





7. Dan sekarang saya  akan membuat Query SQL di MS.Access
I. Pertama kita bukaCreate lalu klik Query Design 


II. Setelah itu akan muncul seperti di bawah ini lalu close saja


III. Karna kita akan menampilkan Query SQL maka klik SQL di pojok kiri atas seperti d bawah ini

 

 maka jika sudah muncul SELECT; kita sudah bisa membuat Query SQL nya di MS.Access

Dan disini saya akan  Menjelaskan tentang Query relasi pada soal di bawah ini .


Disini saya akan menjelaskan Query pada soal di atas
Soal no 1 :
>> Tampilkan NIP,Nama lengkap,nama jabatan,kota penempatan, nama divisi dan gaji pokok
Seperti ini tampilan nya lalu Run


Setelah di run maka akan tampil tabel seperti di bawah ini


2. Tampilkan NIP,Nama,nama jabatan, nama divisi , dan total gaji (Gaji pokok + tunjangan jabatan + tunjangan kinerja)



3.  Tampilkan Nip , Nama , jabtan, divisi yang kota asalnya bukan dari sukabumi tetapi penempatan kerjanya di sukabumi.



Dan disini saya menambahkan 3 soal Query lagi seperti soal diatas
4. Tampilkan nama lengkap yang gendernya laki- laki yang nama jabatan nya OB dan nama divisi keuangan



5. Tampilkan Nama lengkap,nama jabatan , tgl masuk dan tunjangan jabatan



6. Tampilkan NIP,Nama lengkap dan pendidikan terakhir yang pendidikan terakhir nya adalah "S1 Pendidikan Geografi"



Sekian tugas yang saya upload kali ini tentang Query relasi di Ms.Access


Annyeong ^.^

You Might Also Like

1 komentar:

  1. Tutorial nya bermanfaat sekali.

    Ayo dapatkan buku2 micorosft Access terbaru dengan harga diskon hanya di :

    http://www.honbookstore.com/search/label/Aplikasi%20Office

    BalasHapus